Jumat, 23 Maret 2012

LAPORAN AKHIR INTERNET DASAR

1. Jelaskan 2 (dua) host selain www ! 
Jawab : Secure.me.com dan info.cern.ch

2. Jelaskan 6 arsitektur search engine ! 
Jawab :

1. Spider 
program search engine untuk mengambil halaman-halaman yang ditemukannya, hampir mirip dengan browser.. 

2. Crawler 
program yang dimiliki search engine yang menelusuri setiap link yang ada di sebuah web site.. 

3. Indexer 
satu komponen search engine yang bertugas untuk mendeskripsikan suatu halaman web site dan menganalisa berbagai unsur di dalamnya, seperti pada penulisan title, penulisan huruf, keyword-keyword yang ada di konten sehingga dengan demikian akan mengenal web tersebut lebih jauh lagi terutama dalam menganalisa suatu keyword di dalamnya. 

4. Database 
komponen search engine yang bertugas sebagai tempat meletakkan data-data sebelumnya yang telah didownload Spider serta tempat yang digunakan oleh Indexer dalam menganalisa web. 

5. Result Engine 
program yang menggolongkan suatu web site dan menentukan suatu perangkingan dalam hasil pencarian yang diminta oleh user. 

6. Web Server 
Web Server merupakan komponen terakhir pada seacrh engine yang berfungsi melayani permintaan kepada user yang merupakan umpan balik dari permintaan user tersebut. bagian central dan penentu terhadap apa yang diminta oleh user. 

Sumber: http://mulandadesi.blogspot.com/2011/03/arsitektur-dan-cara-efektif-search.html?m=1 

3. Bagaimana cara mengubah dari www.google.co.id menjadi www.google.com ! 
Jawab : Ada sebuah cara mudah yaitu dengan cara mengetik www.google.com/ncr di addres bar kemudian tekan enter, maka halaman yang terbuka bukan lagi google.co.id tapi seterusnya akan tetap google.com 

Sumber: http://freewareforall.blogspot.com/2010/05/cara-mengubah-googlecoid-menjadi.html?m=1 

4. Cari suatu produk di google yang ada di yahoo dan bandingkan ! 
Jawab : 
Kecepatan 

Jika dilihat dari segi kecepatan, harus diakui bahwa Gmail lebih cepat daripada Yahoo mail. Untuk login, seakan Gmail melesat tanpa hambatan, sedangkan Yahoo seringkali agak lambat (meskipun koneksi bagus). Bagi kamu yang koneksi internet-nya tidak stabil atau sering nge-net di warnet, kamu bisa lihat sendiri perbandingannya. Dan satu lagi, kecepatan Gmail dalam menerima Email menurut saya cukup cepat. Jika kita tetap login dan berada di halaman account, kita tidak perlu me-refresh halaman untuk melihat apakah ada Email masuk atau tidak. Sedangkan Yahoo mail, terkadang kita perlu me-refresh halaman kembali untuk melihat apakah ada Email baru yang masuk. 

Keamanan 

Jika kita feedback lagi kebelakang, seperti informasi yang saya dapatkan bahwa banyak pihak yang menyarankan kepada pihak Google untuk menggunakan versi aman protocol untuk memproteksi Gmail. Data yang tidak terenkripsi ketika login ke Gmail dapat menjadi sebuah celah bagi pihak lain untuk mencuri identitas yang ada pada account Gmail kita. 
Tapi hal tersebut akan menghilang seiring dengan waktu serta kenyataan yang sebenarnya dari para pengguna. Sedangkan Yahoo mail telah mengantisipasi hal ini sejak lama, ditambah pula pihak Yahoo mewajibkan pengguna mengisi email optional serta pertanyaan rahasia untuk memberikan proteksi jika terjadi hal yang tidak diinginkan bagi pemilik acoount. Di sisi lain, Gmail memberikan proteksi Email spam yang lebih baik ketimbang Yahoo mail. Maka, dalam hal keamanan, diantara keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya. 

Kapasitas penyimpanan 

Gmail memiliki kapasitas penyimpanan (storage) yang terbatas. Sedangkan Yahoo memberikan kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas. 

Sumber: http://www.andyfebrian.com/pilih-yahoo-mail-atau-gmail/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar